Rabu, 20 Januari 2010

bahan skripsi 1

catatan lain yang patut dikemukakan adalah kondisi pembelajaran pada siklus kedua ini jauh lebih kondusif. siswa kelas VII MTs N. wonokromo datang lebih awal atau tepat waktu untuk mengikuti proses pembelajaran. hal ini menunjukan indikator peningkatan kemampuan membaca Al Qur"an yang dilihat secara subyektif pada siswa menunjukan hasil yang positif.

meskipun demikian masih ada beberapa catatan yang patut menjadi perhatian: pertama, kegaduhan kecil-kecilan. namun hal ini dalam batas toleransi, karena keributan dan kegaduhan dalam proses pembelajaran untuk kanak-kanak sebuah kewajaran. hal ini yang patut diperhatikan adalah jangan sampai kegaduhan dan keributan berkembang menjadi kekacauan dan merusak konsentrasi kelas. jika hal demikian terjadi maka proses pembelajaran akan menjadi sangat kacau.

kedua, pemberian materi terlalu terfokus pada metode pembelajaran sementara subtansi materi menjadi sedikit. halini lebih disebabkan pada pengalaman pertama, saat materi ditekankan dengan baik metode pembelajaran yang menjadi media penyampai materi terbengkalai dan mengakibatkan konsentrasi pembelajaran rusak.


ketiga, siswa putra menjadi sumer masalah dalam proses pembelajaran. selalu ada alasan untuk ramai. hal ini mengakibatkan rusaknya konsentrasi jika tidak ada antisipasi yang tepat. mengenali watak dan karakter masing-masing siswa menjadi penting dalam hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar