Minggu, 24 Januari 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Baca Tulis Al-Qur’an
Satuan Pendidikan : MTs N Wonokromo Pleret Bantul Yogyakarta
Kelas/ Semester : VII / Ganjil
Pertemuan : Kedua
Waktu : 40 menit
Standar Kompetensi : Membaca sesuai dengan makhrojul huruf dan dapat menghafal Al-Qur’an

I. Kompetensi Dasar
a. Siswa mampu membaca huruf-huruf Arab berharakat fathah, kasrah, dan dhamah
b. Siswa mampu menyebutkan huruf-huruf Arab berangkai dengan beragam harakat
c. Siswa mampu melafalkan huruf-huruf Arab berangkai dengan harakat fatihah, kasrah, dhammah, dan sukun
II. Indikator
a. Siswa dapat membaca huruf-huruf Arab berharakat fathah, kasrah, dan dhamah
b. Siswa dapat menyebutkan huruf-huruf Arab berangkai dengan beragam harakat
c. Siswa dapat melafalkan huruf-huruf Arab berangkai dengan harakat fatihah, kasrah, dhammah, dan sukun
III. Materi pokok
Huruf-huruf hijaiah
Uraian materi
a. Huruf- huruf Arab berharakat fathah, kasrah, dan dhamah
b. Huruf-huruf Arab berangkai dengan beragam harakat
c. huruf-huruf Arab berangkai dengan harakat fatihah, kasrah, dhammah, dan sukun
IV. Metode Pembelajaran
reading aloud (membaca keras) dan praktek
V. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pembelajaran ini menggunakan pendekatan 10 jam membaca Al-Qur’an, maka langkah yang digunakan sesuai dengan prinsip-prinsip yang ada dalam metode 10 jam membaca Al-Qur’an, dipadu dengan metode yang pas untuk siswa MTs kelas VII. Dalam kegiatan pembelajaran ini digunakan praktek dan reading a loud (membaca keras). Upaya ini dilakukan untuk menciptakan suatu belajar yang aktif sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan belajar membaca Al-Qur’an. Kegiatan pembelajaran ini terdiri dari beberapa langkah yaitu guru membacakan terlebih dahulu, kemudian diikuti oleh peserta didik setelah itu guru meminta siswa untuk membacakan yang baru saja dibaca bersama dengan guru.
VI. a. Kegiatan Awal
Ø salam
Ø berdo’a sebelum belajar
Ø mengabsen siswa
Ø apersepsi
Ø penyampaian tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan pembelajaran ini proses pembelajaran menggunakan metode 10 jam belajar membaca Al-Qur’an. Pada kegiatan awal merupakan langkah pertama metode 10 jam belajar membaca Al-Qur’an. Langkah-langkahnya sebagai berikut; guru menjelaskan proses pembelajaran kemudian guru membacakan persubab setelah itu siswa diminta untuk mengikuti yaitu menirukan sambil melihat huruf yang ada di buku. Setelah itu siswa diminta untuk maju ke depan kelas, ditunjuk secara acak untuk membacakan huruf-huruf Arab yang berada di alat peraga yang mengandung materi pada siklus kedua. Siklus pada siklus kedua yaitu huruf-huruf arab berharakat fatihah, kasrah dan dhammah, huruf-huruf Arab berangkai dengan beragam harakat, dan huruf-huruf Arab berangkai dengan harakat fatihah, kasrah, dhammah, dan sukun
c. Kegiatan Akhir
Ø Meminta salah satu siswa untuk membacakan bacaan yang telah dibaca bersamaan dengan hal itu guru mengoreksi apakah bacaan siswa itu benar atau salah
Ø Memberikan waktu kepada guru untuk menanyakan bacaan yang belum paham
Ø Mengucapkan salam
VII. Penilaian
Penilaian dilihat sebagai bagian dari upaya untuk melihat peningkatan kemampuan dalam membaca Al-Qur’an dengan tes lisan dan praktek
VIII. Sumber / Alat
1. Sumber
Ø Muhammad Chirzin, 10 jam belajar membaca Al-Qur’an, (Yogyakarta : Oval)
Ø Muhammad Fathul Mubin dan Damanhuri, Tajwid Aplikatif,(Yogyakarta; Oval)
Ø Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Bandung : CV PEBERBIT JUMANATU’AU-ART)
2. Alat : Spidol, White Board, dan Alat Peraga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar