Minggu, 24 Januari 2010

rencana pelaksanaan pebelajaran ke 1.rtf

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran : Baca Tulis Al-Qur’an
Satuan Pendidikan : MTs N Wonokromo Pleret Bantul Yogyakarta
Kelas/ Semester : VII / Ganjil
Pertemuan : Pertama
Waktu : 40 menit
Standar Kompetensi : Membaca sesuai dengan makhrojul huruf dan dapat menghafal Al-Qur’an

I. Kompetensi Dasar
a. Siswa membaca huruf Arab berharakat fatihah
b. Siswa menyebutkan tiga huruf Arab terpisah-pisah
c. Siswa melafalkan huruf Arab di awal, di tengah, dan di akhir
d. Siswa praktek membaca kata-kata terdiri dari tiga huruf berangkai
II. Indikator
a. Siswa dapat membaca huruf Arab berharakat fatihah
b. Siswa dapat menyebutkan tiga huruf Arab terpisah-pisah
c. Siswa dapat melafalkan huruf Arab di awal, di tengah, dan di akhir
d. Siswa dapat praktek membaca kata-kata terdiri dari tiga huruf berangkai
III. Materi Pokok
Huruf-huruf hijaiah
Uraian Materi
a. huruf Arab berharakat fatihah
b. tiga huruf Arab terpisah-pisah
c. huruf Arab di awal, di tengah, dan di akhir
d. kata-kata terdiri dari tiga huruf berangkai
IV. Metode Pembelajaran
reading aloud (membaca keras) dan praktek
V. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pembelajaran ini menggunakan pendekatan 10 jam membaca Al-Qur’an, maka langkah yang digunakan sesuai dengan prinsip-prinsip yang ada dalam metode 10 jam belajar membaca Al-Qur’an dipadu dengan beberapa metode yang pas untuk siswa MTs kelas VII. Dalam kegiatan pembelajaran ini digunakan praktek dan reding a loud (membaca keras). Upaya ini dilakukan untuk menciptakan suasana belajar yang aktif sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan belajar membaca Al-Qur’an. Kegiatan pembelajaran ini terdiri dari beberapa langkah yaitu guru membacakan terlebih dahulu kemudian diikuti oleh peserta didik setelah itu guru meminta siswa untuk membacakan bacaan yang baru saja dibaca bersama dengan guru.
a. Kegiatan Awal
Ø Salam
Ø Berdo’a sebelum belajar
Ø Menyapa siswa
Ø Apersepsi
Ø Penyampaian tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan ini proses pembelajaran menggunakan metode 10 jam belajar membaca al-Qur’an. Pada kegiatan awal merupakan langkah pertama 10 jam membaca Al-Qur’an. Langkah-langkahnya sebagai berikut : guru menjelaskan proses pembelajaran, kemudian guru membacakan per subbab. Setelah itu siswa diminta untuk mengikuti yaitu menirukan sambil melihat huruf yang ada di buku. Subbab pada jam pertama yaitu huruf Arab berharakat fathah, , gabungan huruf Arab terpisah-pisah, huruf Arab di awal, di tengah, dan di akhir, kata-kata terdiri dari tiga huruf berangkai
c. Kegiatan Akhir
Ø Meminta salah satu siswa untuk membacakan bacaan yang telah dibaca bersamaan dengan hal itu guru mengoreksi apakah bacaan siswa itu benar atau salah
Ø Memberikan waktu kepada guru untuk menanyakan bacaan yang belum paham
Ø Mengucapkan salam
VI. Penilaian
Penilaian dilihat sebagai bagian dari upaya untuk melihat peningkatan kemampuan dalam membaca Al-Qur’an dengan tes lisan dan praktek
VII. Sumber / Alat
1. Sumber
Ø Muhammad Chirzin, 10 jam belajar membaca Al-Qur’an, (Yogyakarta : Oval)
Ø Muhammad fathul mubin dan Damanhuri, Tajwid Aplikatif,(Yogyakarta; Oval)
Ø Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Bandung : CV PEBERBIT JUMANATU’AU-ART)
2. Alat : Spidol, White Board, dan Alat Peraga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar